Galang Hendra Cetak Sejarah Menjuarai Balapan Level Dunia

Galang Hendra pembalap Yamaha Racing Indonesia meraih kemenangan sensasional di World Supersport 300 (WSSP300) di sirkuit Jerez, Spanyol (22 Oktober 2017). Ini pertama kali dalam sejarah pembalap tanah Air jadi juara di balapan level dunia. Lagu Indonesia Raya pun berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar di podium.

”Terimakasih untuk semua dukungannya Indonesia, untuk semua fans, semua sponsor, Yamaha Indonesia, Yamaha Racing dan MotoX Racing. Saya tidak bisa menyangka saya bisa juara di kejuaraan dunia. Saya tidak bisa berkata apa-apa, saya bahagia sekali. Terimakasih Indonesia, ini untuk kalian,” ungkap Galang yang riding dengan Yamaha YZF-R3.

Adapun jalannya race WSSP300 di Jerez yang berlangsung dalam 11 lap, Galang Hendra yang start dari posisi ke-7, pada awal lap ada di posisi ke-6. Galang terus berjuang untuk memperbaiki posisinya. Saat lap akhir, petarung asal Yogyakarta usia 18 tahun ini dapat berada di posisi pertama. Namun di pertengahan lap, ada di deretan ke-2 dan bersaing ketat dengan Scott Derou (MTM HS Kawasaki).

Pada akhirnya, pada trek lurus setelah tikungan terakhir Galang melakukan slip stream dan menyentuh garis finish pertama duluan. Mereka hanya berbeda 0,026 detik saja. Perjuangan dan prestasi Galang Hendra bersama tim MotoX Racing di WSSP300 Jerez ini disaksikan langsung Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturng (YIMM). Minoru Morimoto sangat bangga dan mengapresiasi podium juara WSSP300 yang telah diraih Galang Hendra.

“Kami sangat bangga dengan prestasi Galang dan Indonesia. Ini adalah bukti yang sangat nyata bagi Indonesia karena WSSP300 merupakan  kejuaraan dunia. Galang Hendra bukan hanya pahlawan kita. Tetapi juga pahlawan dunia,“ bangga Minoru Morimoto.

Sehubungan gelar juara dunia WSSP300, pada akhirnya direbut Marc Garcia (Halcourier Racing). Walaupun finish ke-4, Garcia yang juga membesut YZF-R3 dapat mengalahkan rival terberatnya, Antonio Coppola (SK Racing) yang menyelesaikan lomba di deretan ke-3. Demikian berdasarkan penghitungan poin klasemen akhir WSSP300.